Senin, 12 Mei 2014

Blacklist Antara Ada dan Tiada

Hampir setiap setelah pengumuman SNMPTN, pasti ada banyak anak yang diterima, tapi kemudian merasa bahwa jurusan yang dipilihnya di SNMPTN tidak sesuai dengan minatnya. Ada banyak penyebab, diterima di Pilihan 2 atau memang ketika milih dulu memangtidak bedasar minat.

Padahal jika mereka melepas SNMPTN bisa berakibat blacklist PTN yang ditinggal terhadap sekolahmu.
Jadi misal si Pricillia dari SMA N 3 Pasuruan diterima SNMPTN di ITS trus dilepas, maka bisa jadi/kemungkinan adik kelasnya di SMA N 3 Pasuruan nanti akan lebih susah diterima di ITS. Bisa jadi/kemungkinan disini berarti tidak pasti. Karena sekolah yang diblacklist ini tidak dipublish dan pada kenyataannya ada beberapa PTN yang tidak mem-blacklist sekolah meskipun ada siswanya yang melepas SNMPTN di PTN tersebut.

Tapi memang blacklist itu ada, cuma memang sepertinya beda-beda perlakuannya tiap PTN. Ada PTN yang tegas banget. Jadi ketika ada yang melepas, maka total ga menerima calon mahasiswa dari sekolah yang bersangkutan, ada juga yang tetap menerima tapi berkurang jatahnya, dan ada juga yang tetap menerima seperti biasa.

Melihat semua kemungkinan diatas, memang sebaiknya usahakan benar-benar memikirkan jurusan ketika SNMPTN 2014 nanti sehingga tidak dilepas apabila diterima. Meskipun pilihan 2 juga sebaiknya juga dipikirkan sebaik mungkin.

Tidak ada komentar:

INFORMASI DAFTAR ULANG CALON PESERTA DIDIK SMAN 3 PASURUAN  TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Bagi yang diterima  PPDB SMA 2019 : 1.       ...